SUSU ASI VS SUSU FORMULA VS SUSU UHT Sebagaimana Pentingkah ???????????????????

Ini Dimulai Sejak beberapa tahun lalu pro dan Kontra soal susu ini memang rame dibicarakan dan diperdebatkan. Setelah baca-baca dari beberapa sumber mengenai SUSU ASI VS SUSU FORMULA VS SUSU UHT Sebagaimana Pentingkah ??????????????????? kesimpulan saya sampai sejauh ini sebagai berikut :
1.      Memang diantara para scholar, masih terjadi perdebatan soal manfaat susuini, sebab hasil penelitian mixed, ada yang memang mengatakan susu positifmenurunkan kejadian osteoporosis di usia adolescent ada yang bilang tidak ngaruh. Penelitian yang paling 'heboh' adalah yang membuktikan bahwa Negara-negara seperti Belanda, Amerika, swiss dan finland yang mengkonsumsi susu dalam jumlah banyak, malah terdapat lonjakan kasus osteoporosis dibandingkan dengan Negara-negara yang sedikit/tidak mengkonsumsi susu. Tapi ada yag membantah juga, karena katanya ini perlu di lihat lagi secara genetic dan vit D dari matahari yang di dapat. Yang jelas, kalau susu dikaitkan dengan meningkatnya kanker dan increase hip fraktur memang terbukti pada orang dewasa. Kalau googling dengan kata kunci pors cons milk, banyak deh sumbernya. 
2.      Menurut Penjelasan AAP, susu untuk anak-anak tetap diperlukan, rekomendasinya: 0-2 tahun:ASI/ whole milk. Sedangkan diatas dua tahun, sebaiknya minum susu yang non fat. Untuk yang obes disarankan untuk minum skim milk. Dan untuk yang tidak bisa minum susu sapi lantaran efek sampingnya, disarankan untuk menambah asupan kalsium tablet atau dari sayur, buah dll. Alasannya sederhana: Susu adalah sumber protein dan calsium yang harganya lebih murah dan rasanya enak buat anak-anak yang belum tergantikan oleh yang lain. 
3.      Karena kebutuhan kalsium per hari bisa diganti oleh makanan lain dengan mudah, beberapa ahli yang cons sama susu mengatakan untuk lebih baik mengganti kalsium dari susu dengan dari sayuran, buah2an, seperti brokoli,tahu, kacang2an dll. Alasannya: susu mengandung vit A dan sodium yang malah menyebabkan kalsium keluar dari urine yang malah meninggikan angka terjadinya hip fracture dan osteoporosis. 
4.      Osteoporosis dan frakture bisa dicegah dengan: makanan tinggi calcium dari sayur dan buah, yang lebih penting lagi olahraga, kurangi garam, sodium dan protein dari binatang.
5.      Melihat pros dan cons yang terjadi diantara para scholar, karena calcium dosis tinggi dibutuhkan hanya hingga masa adolessent (20 tahun), sambil menunggu hasil penelitian yang lebih shahih, saya pribadi menyimpulkan:Untuk anak-anak diatas dua tahun-masa remaja, berikan susu low fat, aktif olahraga, banyak makan sayur dan buah yang mengandung kalsium dan vit D seperti brokoli, tempe tahu dll. Untuk dewasa: Kurangi produk garam, sodium danprotein dari hewan, banyak olahraga, tidak merokok dan tidak meminum alkohol. Kalaupun mau minum susu dan dairy produk lainnya, pilihlah yang low fat danlow sodium. dari berbagai sumber